Jangan Biarkan Covid 19 Membuatmu Berhenti Belajar!

Berita Terbaru Pendidikan – Sejak kemunculan virus corona pada tahun 2019 telah menjadikan pandemi menjadi tantangan bagi seluruh masyarakat di dunia. Hampir semua kalangan harus beradaptasi dengan keadaan dan segala keterbatasannya. Pelajar dan mahasiswa juga terpengaruh oleh pandemi. Pembelajaran yang dilakukan secara online membuat sistem pembelajaran dan sosialisasi semakin terbatas.

Jangan Biarkan Covid 19 Membuatmu Berhenti Belajar

Pembelajaran yang efektif bagi siswa saat terjadi pandemi merupakan salah satu cara pembelajaran yang perlu dilakukan agar pembelajaran di rumah tidak membuat stres. Ada beberapa penyesuaian yang bisa dilakukan agar proses pembelajaran tetap berjalan dengan optimal. Simak tips belajar efektif untuk pelajar saat terjadi pandemi yang bisa Anda coba.

  1. Selalu Berpikir Positif

Pendekatan pembelajaran yang positif akan membuka pikiran Anda untuk belajar daripada belajar sambil terganggu oleh masalah pribadi dan kekhawatiran lainnya. Ini juga membantu jika Anda tidak membandingkan diri Anda dengan orang lain, yang pada gilirannya dapat berdampak negatif pada cara Anda memandang belajar sebagaimana adanya. Oleh karena itu, pikiran positif sangat penting saat belajar agar apa yang dibaca juga terserap ke dalam otak dengan baik.

  1. Buat Beberapa Catatan Penting

Saat dosen atau guru sedang menjelaskan materi yang dipresentasikan, Anda bisa menuliskan poin-poin penting tersebut agar bisa dipelajari lagi nanti. Catatan juga akan berfungsi saat ujian tiba. Ingatlah, Anda harus mempersiapkan secara tepat dengan memeriksa jadwal sekolah atau kelas Anda dan membaca materi yang relevan.

  1. Temukan tempat yang kondusif untuk belajar

Menemukan tempat tinggal yang kondusif memang sulit dan menggiurkan. Kalian tidak bisa menghindari orang tua atau saudara kalian menonton televisi dengan volume tinggi, tidak bisa menahan diri untuk membuka akun Instagram atau media sosial lainnya. Sehingga konsentrasi anda banyak teralihkan dengan hal-hal yang menyenangkan dari pada membaca dan belajar. Untuk mengatasi masalah ini, carilah tempat di rumah Anda di mana Anda dapat berkonsentrasi dan tidak terganggu. Misalnya di dalam ruangan atau di teras.

  1. Tentukan Waktu Belajar Yang Tepat

Anda mungkin kesulitan meninggalkan tugas yang belum selesai. Dengan belajar secara online, sangat mudah untuk memaksakan diri menyelesaikan semuanya sekaligus dan akhirnya kehabisan tenaga nanti. Mulai sekarang Anda harus mencurahkan waktu belajar Anda, dengan merencanakan atau menjadwalkan studi Anda, sebisa mungkin mengikuti aturan delapan jam. Jangan terlalu banyak belajar seperti lebih dari 10 jam. Sebab, otak butuh istirahat.

  1. Buat Grup Obrolan di Akun Media Sosial

Percayalah pada pepatah bahwa dua (atau lebih) kepala lebih baik dari satu. Buat obrolan grup dengan teman-teman Anda. Obrolan grup mendorong Anda untuk mendiskusikan pelajaran, memberikan umpan balik Anda tentang materi yang dipelajari dan meninjau catatan yang tidak lengkap. Untuk memastikan bahwa obrolan grup berharga dan berguna, putuskan topik mana yang akan didiskusikan sebelumnya dan tetap berpegang pada topik ini. Selain itu, pendekatan pembelajaran yang lebih sosial juga dapat membantu kesehatan mental Anda, terutama di tengah pandemi seperti ini.

  1. Tetap berhubungan dengan pengajar

Salah satu kunci sukses pembelajaran online adalah memiliki hubungan yang baik dengan guru dan dosen. Jangan ragu untuk bertanya tentang ceramah atau apapun yang lebih spesifik. Hubungi mereka juga jika Anda memiliki masalah akademis atau bahkan pribadi. Mereka dapat menawarkan nasihat yang tepat tentang subjek yang memengaruhi kinerja Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *